20 Trend Hijab Kekinian Terpopuler dan Viral, Ada Apa Saja? | All Things Beauty Indonesia (2024)

Saatnya kamu tampil makin trendi dengan beberapa outfit dan model kerudung terbaru di tahun ini!

ByMestikaNovember 16, 2023

Kalau mau berbangga hati, nih. Trend hijab dan busana Muslim dunia bisa dilihat dari trend di Indonesia. Bukan rahasia lagi kalau Indonesia memang sudah jadi kiblat untuk fashion Muslim sejak beberapa tahun lalu.

Inovasi, garis desain, dan style desainer (plus influencer Muslimah) Indonesia sering dijadikan contoh oleh pemerhati fashion di negara Muslim lainnya. Untuk tahun ini, ada beberapa trend hijab baru yang muncul dan akan terus populer hingga tahun depan. Hijab tak lagi ribet dan serba praktis!

Simak rangkuman trend hijab kekinian yang populer dan bakal makin trend di tahun 2024 berikut ini!

1. Hijab Segi Empat.

20 Trend Hijab Kekinian Terpopuler dan Viral, Ada Apa Saja? | All Things Beauty Indonesia (21)

Hijab segi empat yang jadi favorit hijaber, simple dan nyaman banget! (Foto: Instagram.com/lozyhijab)

Hijab segi empat akan tetap mendominasi trend hijab 2024! Hal ini didukung oleh banyaknya pilihan bahan hijab segi empat yang nyaman, sebut saja voile, hijab paris premium, hingga ultrafine.

Mudah untuk dibentuk dan nyaman dipakai membuat hijab segi empat menjadi pilihan para hijabers.Gaya yang simple juga lebih diminati, karena memudahkan aktivitas sehari-hari. Karena itulah, gaya hijab penuh jarum pentul yang bertumpuk di kepala makin ditinggalkan!

Ingin mencobanya mulai dari sekarang? Lihat tutorial hijab berikut.

Video pilihan

20 Trend Hijab Kekinian Terpopuler dan Viral, Ada Apa Saja? | All Things Beauty Indonesia (22)

2. Clean Hijab.

20 Trend Hijab Kekinian Terpopuler dan Viral, Ada Apa Saja? | All Things Beauty Indonesia (23)

Simple tapi cantik dengan hijab segi empat yang ditata clean. (Foto: Instagram.com/diantyy.a)

Clean hijab adalah istilah untuk menyebut gaya hijab yang rapi, tidak ribet, dan bahkan disebut anti-badai. Hehe.Nah, yang bikin gaya clean hijab ini jadi trend dan langsung disukai para hijaber adalah cara pakainya yang simpel dan hasilnya yang memang menjadikan tampilan lebih rapi.

Gaya hijab kekinianini juga coco*k untuk berbagai acara, mulai dari ke kampus, kerja, ke acara pesta, atau sekadar kumpul bareng sahabat. Kami prediksi kalau model hijab kekinian yang satu ini bakal terus trending sepanjang tahun 2024.

Cek juga tutorial hijab simple berikut.

Video pilihan

20 Trend Hijab Kekinian Terpopuler dan Viral, Ada Apa Saja? | All Things Beauty Indonesia (24)

Nah, gaya hijab simple ini juga memberikan kesan muda sehingga coco*k dipilih oleh generasi millennials dan Gen Z.

CLEAR Hijab Pure Anti Ketombe + Anti Lepek

20 Trend Hijab Kekinian Terpopuler dan Viral, Ada Apa Saja? | All Things Beauty Indonesia (25)

Kalau kamu punya segudang aktivitas di luar ruangan, jangan lupakan kesehatan kulit kepala. Meski tertutup, rambutmu juga bisa mengalami masalah lho. Berdasarkan penelitian, ternyata kulit kepala yang tertutup memiliki suhu lebih panas hingga 0,5 derajat Celcius. Hal ini membuat rambut rentan lepek dan ketombean

Untuk mencegah masalah ini, kamu bisa cobaCLEAR Hijab Pure Anti Ketombe + Perawatan Rambut Rontok yang diformulasikan khusus untuk pengguna hijab di Indonesia. Shampoo ini mengandung mint dan micellar water, yang efektif membersihkan minyak kulit kepala dan menyegarkannya!

4. Trend Hijab Pashmina.

20 Trend Hijab Kekinian Terpopuler dan Viral, Ada Apa Saja? | All Things Beauty Indonesia (26)

Model pashmina simpel. (Foto: Instagram.com/Bazzibatul)

Banyak yang salah kaprah dengan mengira pashmina adalah hijab panjang. Padahal, pashmina adalah istilah untuk jenis bulu kambing yang paling lembut. Saking lembutnya, pashmina sering dibuat sebagai syal dan hijab.

Hijab pashmina memang umumnya dibuat panjang. Ini yang bikin banyak orang salah mengartikan istilah ‘pashmina’.

Kini, pashmina hadir dengan bahan yang lembut dan tidak gerah, serta model hijab kekinian panjang dan praktis. Kamu tak perlu menatanya dengan gaya ekstra. Cukup jepit di bawah dagu atau bahkan tanpa jarum pentul dan sampirkan ujungnya ke belakang bahu. Selesai!

20 Trend Hijab Kekinian Terpopuler dan Viral, Ada Apa Saja? | All Things Beauty Indonesia (27)

Praktis dan anti ribet ribet club! (Foto: Instagram.com/Lozyhijab)

Kini, ada juga variasi model hijab terbaru, yaitu pashmina innerinstan lengkap dengan ciputnya yang bisa kamu andalkan untuk pemakaian di dalam atau di luar rumah. Warna yang tersedia juga beragam dan punya tone solid yang pekat. Karena kepraktisannya, yakin deh, model hijab instan inner seperti ini akan terus disukai para hijabers sepanjang tahun 2024!

5. Hijab Instan.

20 Trend Hijab Kekinian Terpopuler dan Viral, Ada Apa Saja? | All Things Beauty Indonesia (28)

Untuk kamu yang ingin tampilan praktis, kamu bisa mengenakan hijab instan.Tak perlu styling, kamu tinggal pakai ‘bergo’ dan tampilanmu sudah rapi. Variasi hijab instan yang juga lagi trend adalah hijab instan dengan ikat kepala.

Bahan yang digunakan juga beragam dan sangat nyaman dipakai seharian, mulai dari bahan moscrepe hingga katun crinkle.Praktis dan stylish nggak pakai ribet!

6. Hijab Silk.

20 Trend Hijab Kekinian Terpopuler dan Viral, Ada Apa Saja? | All Things Beauty Indonesia (29)

Model hijab terbaru yang juga populer di kalangan hijaber adalah hijab silk, ada pashmina dan juga segi empat. Karena tekstur bahannya yang halus dan mengilap, maka tak heran hijab silk sering dipakai ke acara-acara yang spesial saja.

Namun, seiring perkembangan trend hijab, pashmina silk juga kerap dipakai para hijabers untuk melengkapi style hijab sehari-hari. Pilihan warnanya pun sangat beragam, mulai dari warna-warna bold hingga pastel yang lembut.

7. Hijab Crinkle.

20 Trend Hijab Kekinian Terpopuler dan Viral, Ada Apa Saja? | All Things Beauty Indonesia (30)

Pashmina bahan crinkle yang bisa ditata dengan gaya apapun. (Foto: Instagram.com/firgaaa)

Selain bahan jilbab ceruty, kini ada satu lagi hijab yang lagi trend, yaitu hijab pashmina crinkle. Bahan jilbab yang satu ini sangat mudah ditata dengan gaya hijab apa saja, mulai dari gaya lilit hingga gaya turban untuk sehari-hari.

8. Bahan Hijab Katun Voal.

20 Trend Hijab Kekinian Terpopuler dan Viral, Ada Apa Saja? | All Things Beauty Indonesia (31)

Warna-warni hijab voal. (Foto: Instagram.com/lozyhijab)

Sama seperti hijab pashmina, bahan hijab katun voal pun akan selalu jadi trend karena kenyamanannya. Dipakai seharian ke luar rumah pun kepalamu nggak akan terasa panas.

Kamu pasti punya bahan hijab ini di rumah kan, Hijab Bae? Pastikan punya beberapa warna hijab agar penampilan bisa terus berganti. Siapkan aksesori juga sebagai pemanis!

9. Jilbab Rayon.

20 Trend Hijab Kekinian Terpopuler dan Viral, Ada Apa Saja? | All Things Beauty Indonesia (32)

Nah, model hijab terbaru yang juga sedang digemari para hijabers adalah jilbab rayon. Bahan kaos rayon yang sudah pasti adem bakalan nyaman banget dipakai seharian. Saking nyamannya, kamu bisa mengenakan jilbab rayon sebagai pelengkap gaya OOTD hijab ke pantai.

Untuk style hijab a la selebgram, tata hijabmu dengan gaya meleyot seperti ini! Hasilnya terlihat kasual, tapi stylish!

10. Hijab Motif.

20 Trend Hijab Kekinian Terpopuler dan Viral, Ada Apa Saja? | All Things Beauty Indonesia (33)

Hijab motif segi empat masih menjadi favorit para hijaber. (Foto: Instagram.com/vanillahijab)

Trend motif dan corak masih akan diminati hingga tahun 2024, karena bisa menghidupkan penampilan. Selain floral, geometris, motif sketsa atau ilustrasi abstrak juga bisa jadi pilihan. Demi kenyamanan, pilih bahan hijab motif yang nyaman dipakai seharian, seperti jilbab voile.

11. Lengan Puffy.

20 Trend Hijab Kekinian Terpopuler dan Viral, Ada Apa Saja? | All Things Beauty Indonesia (34)

Puffy sleeve yang stylish. (Foto: Instagram.com/nisacookie)

Sering melihat selebgram hijab dengan kemeja atau atasan berlengan gembung? Nah, inilah yang dinamakan trend puffy sleeves atau lengan puffy/balon. Trend fashion hijab ini terinspirasi dari gaya Victorian di tahun 1800-an. Puffly sleeves are back and here to stay!

20 Trend Hijab Kekinian Terpopuler dan Viral, Ada Apa Saja? | All Things Beauty Indonesia (35)

Kenakan hijab dan puffy sleeve warna putih. (Foto: Instagram.com/firgaaa)

Untuk kamu yang ingin mencoba gaya ini, simak panduan kami:

  • Coba gaya hijab yang fit di kepala agar proporsinya tidak rebutan antara kepala dan lengan.
  • Meski siluet lengannya besar, pastikan potongan pada bagian pinggang tidak loose untuk menghindari kesan kedodoran.
  • Perhatikan panjangnya. Bagian atas sudah besar karena lengan balon, karena itu jangan biarkan kamu tenggelam. Kalau memang loose dari atas sampai bawah, pastikan panjangnya ada di atas lutut. Kamu bisa pakai celana lagi. Kalau ini adalah dress nanggung, sebaiknya panjangnya ada tepat di bawah lutut atau di atas betis.

Saran dari kami: Bereksperimen! Trend fashion memang kadang tak mengikuti aturan. Coba mix and match beberapa fashion items dan hijab, lalu tentukan mana yang paling coco*k denganmu.

12. Korean Dress.

20 Trend Hijab Kekinian Terpopuler dan Viral, Ada Apa Saja? | All Things Beauty Indonesia (36)

Super cute pakai Korean dress. (Foto: Instagram.com/inasrana)

Gaya Korea juga sudah ‘mewabah’ hingga ke style fashion hijaber. Dress Korea yang manis dan longgar ini (biasanya dengan efek kerut di beberapa bagian) menjadi trend yang diam-diam diminati sejak tahun lalu. Kami yakin, style ini juga akan terus populer di sepanjang tahun ini hingga 2024.

13. Gaucho Pants.

20 Trend Hijab Kekinian Terpopuler dan Viral, Ada Apa Saja? | All Things Beauty Indonesia (37)

Gaucho pants atau Japanese pants dengan detail yang unik. (Foto: Instagram.com/helminursifah)

Modest wear umumnya identik dengan sesuatu yang longgar dan tidak menonjolkan lekuk tubuh. Kalau tidak suka pakai dress karena aktivitasmu yang membutuhkan banyak gerak, kamu bisa pakai celana longgar seperti gaucho pants ini.

Celana berpotongan lebar ini mirip dengan kulot, hanya saja ditambah dengan sedikit detail unik di bagian depan. Dalam beberapa tahun terakhir, celana lebar memang happening, baik untuk streetwear atau modest wear. Nah, coba pakai gaucho pants ini, yuk!

14. Cargo Pants.

20 Trend Hijab Kekinian Terpopuler dan Viral, Ada Apa Saja? | All Things Beauty Indonesia (38)

Selain celana kulot linen yang digemari para hijaber, kini ada juga salah satu jenis celana yang nyaman dipakai sehari-hari. Yes, cargo pants! Celana kasual dengan detail kantung di bagian samping ini lagi banyak dipakai hijab influencer nih, Hijab Bae! Nggak cuma nyaman, celana ini juga bikin style kamu jadi lebih kekinian.

Jadi, jangan ragu mengenakan jenis celana ini untuk tampilan sehari-hari, karena prediksi kami celana cargo akan terus trending selama tahun 2024.

15. Rok Jeans.

20 Trend Hijab Kekinian Terpopuler dan Viral, Ada Apa Saja? | All Things Beauty Indonesia (39)

Nggak hanya celana saja nih yang punya beragam model kekinian, rok juga lho, Hijab Bae! Coba deh perhatikan rok yang sekarang sedang digemari para hijaber. Salah satu outfit rok hijab yang sedang happening adalah rok jeans. Yap, jeans skirt is back!

Padu padannya juga mudah, cukup kenakan dengan atasan berwarna netral dengan gaya hijab yang warnanya senada.

16. Pattern Dress.

20 Trend Hijab Kekinian Terpopuler dan Viral, Ada Apa Saja? | All Things Beauty Indonesia (40)

Pattern dress yang bergaya klasik dan chic, coco*k untuk outfit Lebaran! (Foto: Instagram.com/haideeorlin)

Beberapa tahun terakhir, pattern dress menjadi trend hijab fashion yang booming banget dan masih relevan hingga tahun depan! Beragam corak geometris, floral hingga sentuhan motif tenun cukup mendominasi.

Material dress yang digunakan juga terlihat mewah, seperti satin silk yang semakin memberikan kesan tampilan yang elegan. Terlebih jika dikenakan ke acara pesta pernikahan.

Untuk warnanya, pattern dress dengan warna-warna lembut, seperti co*kelat susu, beige, hingga warna pastel masih menjadi trend. Padukan pattern dress dengan model hijab clean yang selalu trendy.

17. Vest.

20 Trend Hijab Kekinian Terpopuler dan Viral, Ada Apa Saja? | All Things Beauty Indonesia (41)

Gaya outfit vest hijab masih sangat ngetren hingga tahun depan! Coco*k banget dipakai untuk ke berbagai acara, formal atau kasual. Vest juga bisa dipadukan dengan beragam outfit, seperti kaos polos dan rok.

Tampilan vest nggak hanya polos saja, tapi juga dengan motif-motif yang lebih menarik! Biasanya, trend vest ini juga diimbangi dengan pilihan warna hijab yang plain atau motif abstrak yang tidak terlalu mencolok.

18. Knitwear.

20 Trend Hijab Kekinian Terpopuler dan Viral, Ada Apa Saja? | All Things Beauty Indonesia (42)

(Foto: Instagram.com/raihanand)

Jika melihat tren fashion hijab belakangan ini, knitwear jadi salah satu item yang cukup hype di kalangan hijabers dan masih terus hits hingga tahun 2024. Mulai dari vest, celana hingga cardigan berbahan rajut dengan beragam motif yang eye catchy.

Tampilanmu juga akan semakin keren dengan model hijab kekinian, seperti pashmina inner instan yang simple!

Seharian memakai knitwear kadang bisa bikin gerah, otomatis kulit kepala juga jadi berkeringat dan ketombean. Jangan lupa keramas menggunakan shampoo hijab yang tepat. Coba Dove Hijab Natural Anti Ketombe dan Menthol Dingin yang dapat mengatasi tiga masalah sekaligus.

Kandungan Habbatus Sauda, lidah buaya dan menthol akan membantumu atasi ketombe, mengurangi gatal, meredakan iritasi di kulit kepala dan memberikan sensasi dingin yang menyegarkan.

Dove Hijab Natural Anti Ketombe dan Menthol Dingin

20 Trend Hijab Kekinian Terpopuler dan Viral, Ada Apa Saja? | All Things Beauty Indonesia (43)

19. Monokrom Outfit.

20 Trend Hijab Kekinian Terpopuler dan Viral, Ada Apa Saja? | All Things Beauty Indonesia (44)

Trend jilbab selanjutnya adalah outfit dengan nuansa monokrom, hitam dan putih. Perpaduan warna netral inicukup populer di kalangan hijab influencers.Karena tampilan style ini timeless, jadi akan terus booming sepanjang tahun 2024!

Sudah tahu kan, apa saja trend hijab kekinian yang bakal terus happening? Yuk, bersiap tampil lebih stylish!

20 Trend Hijab Kekinian Terpopuler dan Viral, Ada Apa Saja? | All Things Beauty Indonesia (45)

Bagikan

20 Trend Hijab Kekinian Terpopuler dan Viral, Ada Apa Saja? | All Things Beauty Indonesia (2024)
Top Articles
Latest Posts
Article information

Author: Fr. Dewey Fisher

Last Updated:

Views: 5669

Rating: 4.1 / 5 (62 voted)

Reviews: 93% of readers found this page helpful

Author information

Name: Fr. Dewey Fisher

Birthday: 1993-03-26

Address: 917 Hyun Views, Rogahnmouth, KY 91013-8827

Phone: +5938540192553

Job: Administration Developer

Hobby: Embroidery, Horseback riding, Juggling, Urban exploration, Skiing, Cycling, Handball

Introduction: My name is Fr. Dewey Fisher, I am a powerful, open, faithful, combative, spotless, faithful, fair person who loves writing and wants to share my knowledge and understanding with you.